Minggu, 28 Oktober 2012

Berpikir Dan Berjiwa Besar

Ada mukjizat dalam berpikir besar. Akan tetapi begitu mudah untuk melupakannya. Ketika anda mengalami kesulitan, Ada bahaya pikiran anda akan menyusut ukurannya. Dan bila itu terjadi, anda kalah.

Di bawah ini adalah beberapa pedoman ringkas untuk tetap besar ketika anda trgoda untuk menggunakan pendekatan kecil.
A.   ketika orang kecil mencoba menjatuhkan anda, BERPIKIRLAH BESAR. Agar yakin, bebrapa orang yang mengiginkan anda kalah untuk mengalami kesialan, agar di tegur. Akan tetapi orang-orang ini tidak dapat melukai anda jika anda ingat 3 hal :
1.     Anda menang ketika anda menolak orang picik ini. Melawan orang ini sama aja anda dengan mereka. Tetaplah besar.
2.     Haraplah untuk diserang secara sembunyi-sembunyi. Ini adalah bukti anda berumbuh.
3.     Ingatkan diri anda baha penembak gelap orang yang sakit secara psikologis. Jadilah besar, kasihinilah mereka.
B.   Ketika perasaan “saya-tidak-mempunyai-apa-yang-diperlukan” itu merayap masuk ke dalam diri anda, BERPIKIRLAH BESAR. Ingat jika anda bahwa diri anda lemah, maka anda menjadi benar-benar lemah. Jika anda berpikir diri anda, anda akan benar-benar menjadi tidak memadai.  Jika anda berpikir diri anda orang kelas dua, maka anda benar-benar  akan menjadi orang kelas dua. Lawan kecenderungan alami untuk merasa inferior dengan alat-alat ini:
1.     Tampil penting, ini membuat diri anda merasa diri penting. Bagaimana anda nampak di luar erat kaitannya dengan bagaimana anda merasa di dalam.
2.     Berkonsentrasilah pada kelebihan anda, kembangkan jual-diri-anda-sendiri dan gunakanlah. Belajarlah untuk menilai diri anda tinggi-tinggi, kenali diri positif.
3.     Tempatkan orang lain dalam perspektif yang benar. Orang lain itu hanyalah manusia lain, jadi mengapa takut kepadanya.
C.   Ketika suatu argumen atau pertengkaran tampaknya tidak dapat dihindari , BERPIKIRLAH BESAR. Tolaklah godaan untuk berargumen da bertengkar dengan :
1.     Bertanya kepada diri sendiri, “secara jujur, apakah hal ini cukup penting untuk diperdebatkan?”
2.     Ingatkan diri anda, anda tidak pernah memperoleh apapun dari argumen, tetapi anda kehilangan sesuatu.
Berpikirlah cukup besar untuk melihat bahwa pertengkaran, argumen, permusuhan dan percekcokan tidak akan pernah membantu anda tiba di tempat yang anda tuju.
D.   Ketika anda merasa salah, BERPIKIRLAH BESAR. Tidak mungkin untuk mencapai sukses besar tanpa kesuksesan dan kemunduran. Akan tetapi adalah mungkin untuk menjalani hidup anda selebihnya tanpa menjadi kalah. Pemikir besar  bereaksi terhadap kemunduran dengan cara ini :
1.     Anggap kemunduran sebagai pelajaran. Belajar darinya, teliti kemunduran tersebut. Gunakanlah kemunduran tersebut tadi untuk mendorong anda maju, selamatkan sesuatu dari setiap kemunduran.
2.     Gabungkan ketekunan dengan eksperimen, mundur dan mulai maju dari awal dengan pendekatan baru. Berpikirlah cukup besar untuk melihat bahwa kekalahan adalah keadaan pikiran, tidak lebih.
E.    Ketika kemesraan mulai memudar, BERPIKIRLAH BESAR. Jenis pikiran negatif yang picik, “ia-curang-maka-saya-akan-membalasnya” itu akan membunuh kemesraan, menghancurkan kasih sayang yang dapat menjadi milik anda. Lakukan ini ketika segalanya tidak berjalan benar dalam bidang cinta.
1.     Berkonsentrasilah pada kualitas terbesar  dalam diri orang yang anda ingin agar mencintai anda. Tempatkan hal-hal kecil di tempat yang seharusnya – di tempat kedua.
2.     Lakukan sesuatu yang istimewa untuk pasangan anda --   dan lakukan ini sering-sering. Berpikir cukup besar untuk menemukan rahasia untuk kebahagiaan perkawinan.
F.    Ketika anda merasa kemajuan anda di tempat kerja melambat, BERPIKIRLAH BESAR. Tidak peduli apa yang anda kerjakan dan lepas dari kerjaan anda, promosi, gaji yang lebih besar, datang dari satu hal: untuk mengigngatkan kualitas dan kuatntitas keluaran anda, lakukan ini : Berpikir :”saya dapat mengerjakan dengan lebih baik.” Yang terbaik bukannya tidak dapat tercapaiada ruang untuk mengerjakan segalanya dengan lebih baik. Tidak ada di dalam dunia ini yang diselesaikan sebaik yang seharusnya. Dan ketika  anda berpikir, “saya dapat mengerjakan dengan lebih baik,” cara-cara bekerja yang lebih baik akan muncul. Berpikirlah “saya dapat mengerjakan dengan lebih baik” menyalakan kekuatan positif anda. Berpikirlah cukup besar untuk melihat bahwa jika anda mengutamakan pelayanan, uang akan menantang sendirinya.
Menurut kata-kata Publilius Syrus


Orang bijaksana akan menjadi
Majikan dari pemikirannya
Orang bodaoh akan menjadi budaknya


Daftar pustaka :
Schwartz, david j. 2007. Berpikir dan berjiwa BESAR. Binarupa angkara. Batam .

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar